Latest News

Waspadai Penyakit Anjing yang bisa menular pada Manusia

Hal penting yang perlu diperhatikan bagi pecinta anjing adalah penyakit anjing. Penyakit anjing ini tentunya bisa membuat hewan peliharaan menderita dan bahkan mati. Namun selain itu penyakit anjing juga bisa ditularkan kepada pemiliknya.

Merawat hewan peliharaan khususnya anjing memang tidak semudah merawat hewan peliharaan lain. Hewan ini memiliki hal spesial yang perlu diperhatikan, dari mulai pemberian makan, pemberian minum, kebersihan dan vaksinasipun perlu dilakukan. Apalagi jika anjing berada dalam lingkungan yang rawan akan wabah penyakit.

Waspadai Penyakit Anjing yang bisa menular pada Manusia


Macam penyakit anjing yang menular pada manusia
Menyayangi anjing sebagai hewan peliharaan adalah hal yang wajar. Bahkan anjing pun terkadang disebut sebagai sahabat yang paling setia bagi pemiliknya. Sehingga kedekatan anjing dengan pemiliknya terkadang mengabaikan tentang adanya penyakit anjing yang bisa menular pada manusia.
Untuk itu agar lebih berhati-hati dalam bergaul dengan anjing, penulis akan menyajikan beberapa informasi mengenai macam-macam penyakit anjing yang bisa menular pada manusia berikut ini:

1. Penyakit Crucellosis
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri brucellosis sp. Pada anjing penyakit ini menunjukan gejala yang berbeda-beda. Anjing bentina yang menderita penyakit brucellosis menunjukan gejala seperti keguguran, dan untuk anjing jantang akan mengalami pembengkakan getah bening serta pembesaran testis. Sedangkan pada manusia sering kali menunjukan gejala seperti flu yang terus menerus, testis sakit dan radang sendi. Penyakit brucellosis ini tergolong sebagai penyakit yang rawan karena bisa tertular pada manusia melalui urin, kotoran, dan air liyur anjing.

2. Penyakit Campylobacter
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus campylobacter. Pada anjing yang menderita penyakit ini menunjukan gejala diare. Sedangkan pada manusia gejalanya lebih parah yakni diare, dan bisa juga diare berdarah, muntah , serta flu. Untuk penularannya, penyakit ini ditularkan melalui air yang terkontaminasi bakteri tersebut.

3. Penyakit Cryptosporidia
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri protozoa yang tinggal di usus. Gejala yang timbul pada anjing adalah diare dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sedangkan pada manusia juga bisa diare kemudian ditambah dengan nyeri perut, muntah dan menurunnya sisem kekebalan tubuh.

Cara menghindari tertular penyakit anjing
Cara pertama untuk terhindari dari penyakit anjing adalah menjaga kebersihan dan juga kesehatan anjing peliharaan. Penjagaan kebersihan anjing ini bisa dilakukan dengan secara rutin membersihkan kandang, memandikan anjing dan memeriksakan anjing dengan rutin sebagai bentuk pemeliharaan kesehatan anjing. Selain itu juga perlu memberikan makanan sehat atau makanan yang memenuhi kebutuhan anjing agar anjing tidak mudah sakit.

Lebih lanjut, ketika anjing menunjukan gejala sakit sebaiknya tidak mendekatikanya tanpa pengaman seperti masker, sarung tangan, sepatu dan lain sebagainya. tentunya hal tersebut penting dilakukan untuk mewaspadai penyakit anjing yang dapat menular pada manusia.

0 Response to "Waspadai Penyakit Anjing yang bisa menular pada Manusia"