Latest News

Jenis dan Macam-macam Penyakit Anjing

Anjing yang menjadi hewan kesayangan Anda bisa saja terjangkit penyakit anjing meskipun sudah dijaga dengan baik dan sangat berhati-hati. Sebenarnya penyakit pada anjing disebabkan oleh banyak hal. Selain penyebabnya tentu penyakit anjing hadir dengan beragam jenis dan juga macam.

Penyakit anjing bisa saja ditularakan oleh anjing lain. Penularan penyakit dari anjing lain ini memang lebih membuat Anda waspada agar tidak membawa anjing kesayangan Anda berkumpul dengan anjing yang sedang sakit. Untuk itu dalam pembahasan kali ini penulis akan mengenalkan Anda dengan macam-macam penyakit anjing.

Jenis dan Macam-macam Penyakit Anjing

Penyakit anjing dan ciri-cirinya
Mengingat perlunya kewaspadaan pada penyakit yang diderita anjing maka perlu untuk mengenal beberapa macam penyakit anjing yang ada. Pengenalan ini tentunya akan membantu untuk mendiagnosis anjing ketika sedang sakit. Tentunya diagnosis penyakit anjing yang dilakukan hanya sebatas dugaan, tetapi saja anjing yang sakit harus dilarikan kepada dokter hewan.
Lebih lanjut penulis akan membagi informasi tentang beberapa penyakit anjing dan ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Penyakit hepatitis
Penyakit hepatitis pada anjing ini bisa ditularkan melalui udara dari anjing satu kepada anjing lainnya. Penyakit hepatitis ini disebabkan oleh adanya virus Canine adeno virus. Ciri dari penyakit ini adalah terjadi pendarahan yang mendadak pada anjing dan diperlukan waktu yang lama untuk membekukan atau menghentikan pendarahan tersebut.

2. Penyakit leptospirosis
Penyakit leptospirosis pada anjing dikenal juga dengan  sebutan penyakit tipus pada anijing. Penyakit ini disebabkan oleh virus leptospira. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah anjing mengalami muntah, anoreksia, demam, lesu dan konjungtivitis tinggi.

3. Penyakit canine parvovirus
Penyakit ini disebabkan oleh virus canine parvo. Pada anjing yang terjangkit penyakit ini bisa sangat mematikan. Penularan penyakit ini dilakukan dengan media anus dan juga mulut. Ciri-cirinya hampir tidak bisa diamati karena jika anjing terinfeksi virus ini maka anjing akan mati secar mendadak.

4. Penyakit distemper
Penyakit ini disebabkan oleh morbilin virus yang merupakan penyakit yang sangat bisa ditularkan oleh anjing lain, bahkan anjing akan dapat terhindar dari virus ini jika benar-benar terisolasi. Ciri dari penyakit ini adalah demam tinggi yang langsung terjadi sesaat setelah anjing terinfeksi.

Pencegahan terhadap penyakit pada anjing
Selain mengetahui macam penyakit anjing tentu kita perlu untuk mengetahui cara mencegah penyakit anjing. Secara umum untuk mencegah penyakit anjing Anda perlu memperhatikan kebersihan anjing peliharaan. Anda perlu memberikan jadwal kapan anjing peliharaan dimandikan, kapan anjing diberi makan, kapan anjing diberi minum dan kapan anjing diberi vaksin.

Tentunya yang menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan adalah vaksinasi. Kerena dari sekian banyak penyakit anjing ditularkan melalui virus yang keberadaannya tidak diketahui.

0 Response to "Jenis dan Macam-macam Penyakit Anjing"