Latest News

Tips Merawat Kesehatan Anjing

Selain memperhatikan faktor kebersihan hewan peliharaan Anda, kesehatan juga mutlak diperhatikan jika Anda memelihara seekor anjing. Sebab kesehatan anjing secara tidak langsung juga akan berdampak langsung pada diri Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa anjing merupakan salah satu jenis binatang yang dapat menularkan penyakit maupun virus kepada Anda. Kesehatan anjing dapat diperhatikan dari segala sisi mulai dari kesehatan bulu, kesehatan makanan yang dikonsumsi, kesehatan gigi, kesehatan badan dan kesehatan kuku. Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang terlalu banyak hanya untuk sekedar perawatan anjing Anda. Ikuti Tips Merawat Kesehatan Anjing berikut ini!

Tips Merawat Kesehatan Anjing


Cukupi Dengan Gizi
Sama halnya seperti manusia, hewan peliharaan juga harus dibekali dengan konsumsi gizi yang cukup. Gizi yang dimaksud disini diantaranya mineral, zat besi, karbo, lemak dan protein. Meski anjing termasuk binatang karnivora, namun alangkah baiknya jika sesekali mamalia ini diberikan nutrisi dari sayuran atau buah yang dimix atau dicampurkan ke dalam makanannya untuk sekedar mencukupi kebutuhan gizi anjing tersebut. Pemenuhan gizi yang cukup juga akan memperkuat body immune anjing yang pada akhirnya akan membuat anjing terhindar dari penyakit menular.

Ciptakan Kondisi Lingkungan Yang Bersih
Selain pemenuhan dari segi nutrisi makanan, faktor eksternal seperti lingkungan dan habitat juga perlu Anda perhatikan. Sering kali kandang anjing yang kotor dapat memicu terjadinya penyakit akibat bakteri maupun virus yang timbul dari kotoran hewan tersebut yang sudah sangat lama tidak dibersihkan. Selain merawat kesehatan anjing Anda, Anda juga perlu merawat kandang (habitat) nya juga.

Bersihkan kandangnya paling tidak seminggu sekali. Namun jika anjing Anda tidur di dalam rumah, sebisa mungkin ajari anjing Anda menjaga kebersihan, perlihatkan bagaimana cara buang air kecil, air besar dan lain sebagainya. Jika Anda telaten mengajarinya, bukan tidak mungkin jika sifat anjing Anda akan secerdas manusia.

Merawat Bulu dan Gigi
Selain tips-tips merawat kesehatan anjing di atas, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan bulunya. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis anjing sangat beragam, khusus untuk anjing dengan bulu tebal dan panjang, Anda bisa membawa anjing Anda ke salon anjing sebulan sekali untuk merawat, menata serta untuk menjaga kesehatan rambutnya. Namun jika species anjing yang Anda miliki hanya berbulu tebal namun pendek atau bahkan berbulu tipis dan pendek, akan lebih baik jika perawatan bulu dilakukan oleh si pemilik di rumah.

Selain lebih ekonomis, perawatan anjing berbulu pendek tidak akan memakan waktu banyak serta tidak memerlukan treatement khusus untuk menjaga kebersihan. Cukup lap dengan handuk dan bilas dengan air hangat 5 hari sekali atau ketika anjing Anda benar-benar dalam kondisi sangat kotor. Sedangkan untuk kesehatan gigi, Anda bisa membawa anjing Anda ke dokter hewan 3 bulan sekali untuk membersihkan plak yang ada. Nah, semoga Tips Merawat Kesehatan Anjing di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:
Memelihara Anjing Yang Sehat Dan Pintar
Tips untuk Melatih Anjing yang Bandel dan Susah Diatur
4 Tips Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

0 Response to "Tips Merawat Kesehatan Anjing"