Latest News

Tips Merawat Anjing Hamil

Seperti kebanyakan mamalia, anjing berkembangbiak dengan cara melahirkan. Pada fase-fase kehamilan, perawatan anjing Anda juga harus diprioritaskan untuk mejaga janin yang ada di dalam perut Anjing Anda. Selain itu, asupan gizi dan nutrisi nya juga perlu Anda perhatikan. Pada kondisi anjing hamil, anjing umumnya akan membutuhkan porsi makan 2x lebih besar dari anjing yang tidak mengandung. Berikut ini berikan tips merawat anjing hamil.

Tips Merawat Anjing Hamil


1. Penurunan Nafsu Makan
Anjing yang mengalami penurunan nafsu makan di awal-awal kehamilan memang merupakan hal yang wajar. Biasanya hal ini dialami ketika usia kehamilan anjing mencapai 6 minggu. Namun setelah 1 bulanan, nafsu anjing akan kembali pesat, di saat inilah Anda bisa memberikan makanan dan minuman yang benar-benar bernutrisi untuk menjaga kesehatan calon anak anjing. Makanan-makanan yang dianjurkan untuk anjing hamil haruslah mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, zat besi, vitamin dan mineral. Sekitar 4 minggu sebelum hari kelahiran anjing, Anda bisa menambahkan dosis pemberian makananannya menjadi 30% lebih banyak atau paling tidak tambahkan 1 kali waktu makan per harinya pada anjing Anda.

2. Suplemen Anjing Hamil
Pemberian suplemen untuk induk anjing hamil sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh induk dan anak anjing agar tidak mudah terserang penyakit maupun virus. Pemberian vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Utamakan pakan dalam keadaan fresh sebelum disantap oleh anjing Anda. Pilihlah Dogfood berkualitas tinggi pada masa-masa kehamilannya. Tinggalkan dogfood murahan berbahan kimia sebab akan mengakibatkan anjing terlahir tidak sehat atau bahkan mengalami kecatatan karena pengaruh makanan kimia dengan dosis yang tinggi.

3. Konsultasikan ke Dokter Hewan
Selain memperhatikan porsi makannya, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk melihat perkembangan dan kesehatan induk dan anak anjing tersebut. Pastikan jika induk anjing hamil dan jabang bayi di dalamnya berada dalam kondisi baik. Beberapa dokter kemungkinan akan menambahkan suplemen khusus anjing bilamana anjing Anda dalam kondisi kurang gizi atau sekedar untuk berjaga-jaga untuk mencegah induk anjing  sakit saat masa-masa hamil.

4. Mengurangi Latihan Fisik
Latihan fisik pada anjing dalam hal ini merupakan kegiatan-kegiatan yang akan membuat anjing Anda merasa lelah seperti berlari-lari, mengonggong terlalu sering, bermain dengan sesuatu dan lain sebagainya. Pastikan jika Anda tidak mengajaknya bermain maupun berlari-lari saat usia kehamilan anjing Anda menjelang 5 minggu. Ajak anjing Anda jalan-jalan ke taman untuk sekedar merefreshkan anjing dan membuatnya terhindar dari stress. Nah, semoga tips merawat anjing hamil di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga:
Tips Menjinakkan Anjing Galak
Tips Merawat Kesehatan Anjing
4 Tips Merawat Anak Anjing Bagi Pemula

0 Response to "Tips Merawat Anjing Hamil"