Latest News

Tips Menjinakkan Anjing Galak

Jika baru pertama kalinya Anda memiliki seekor anjing, membuat anjing Anda menjadi seekor anjing yang jinak sejatinya bukan perkara yang mudah. Butuh proses pengenalan dan pelatihan agar anjing Anda mengenal sosok Anda dan mau bermain dengan Anda. Terutama jika anjing yang Anda pelihara merupakan spesies anjing buas atau sulit dijinakkan. Berikut ini beberapa tips menjinakkan anjing galak.

Tips Menjinakkan Anjing Galak


1. Masukkan Anjing ke Kandangnya
Untuk tahap awal menjinakkan anjing, ketika anjing Anda belum begitu ramah terhadap pemiliknya, sebaiknya anjing dimasukkan ke dalam kandangnya atau Anda bisa membiarkannya terikat di tiang sudut rumah Anda yang teduh. Pilih area yang sepi dari jangkauan dan lalu lalang orang, hal ini dilakukan untuk mencegah anjing galak berbuat sesuatu terhadap orang lain. Biarkan anjing tersebut menggonggong sesukanya selama beberapa hari pertama.

2. Membiarkan Anjing Lapar
Membiarkan seekor anjing kelaparan sebenarnya bukan hal yang baik namun untuk menjinakkan anjing galak diperlukan cara demikian. Selama anjing Anda diikat atau dikandangkan, pastikan bahwa Anda tidak memberinya makan untuk sementara waktu paling tidak selama 2-3 hari. Hal ini dilakukan agar anjing menjadi lemas dan tingkat emosinya menurun. Membiarkan anjing lapar untuk sementara waktu merupakan salah satu tips menjinakkan anjing yang paling sering dilakukan oleh para pemiliknya.

3. Proses Penjinakkan Dengan Puasa
Menjinakkan anjing galak dengan cara ‘puasa’ selama ini memang dianggap sebagai cara yang paling jitu untuk membuat anjing Anda menjadi tipe anjing yang ramah dan penurut. Meski demikian, pastikan jika Anda selalu menjaga anjing Anda agar tidak sakit. Sesuaikan waktu puasa anjing Anda sebaiknya 2 hari saja, tergantung ukuran besar kecilnya anjing yang Anda miliki. Setelah kurun waktu 2 hari, Anda bisa memanggilnya namun jika anjing Anda merespon dengan gogonggoan yang keras dan berusaha melepaskan tali, ini berarti emosinya masih sangat tinggi. Anda bisa memperpanjang waktu puasanya menjadi satu hari lagi jika Anjing Anda masih sangat galak.

Namun jika emosi Anjing Anda sudah menurun, berikan air minum sedikit demi sedikit melalui wadah. Tuangkan setengah gelas air dan berikan kepada anjing tersebut. Pastikan air yang Anda berikan hanya setengah gelas saja namun rutin diberikan untuk menjaga kedekatan dengan anjing Anda. Dengan rajin memberikan air minum berapa jam sekali, secara tidak langsung Anda bisa menjalin hubungan baik dengan anjing Anda. Ini merupakan tahap pengenalan anjing terhadap wajah Anda. Pemberian makan dapat dilakukan 2 hari sekali dengan frekuensi 1x. Anda bisa menambah porsi makannya ketika anjing Anda sudah mengenal Anda.

4. Bangun Kedekatan Dengan Anjing
Membangun kedekatan dengan anjing merupakan tips menjinakkan anjing yang terakhir. Menyentuh anjing dengan kasih sayang dapat Anda lakukan ketika anjing Anda sedang minum. Mencoba bermain dengan anjing Anda sesekali saat ia masih ditalikan. Buatlah seolah-olah hanya Anda yang peduli dengan nya.

Baca Juga:
- Tips Merawat Kesehatan Anjing
- 4 Tips Merawat Anak Anjing Bagi Pemula
- Tips Memelihara Anjing Golden Retriever
Tips Merawat Dan Memelihara Anjing Maltese Si Hidung Hitam
Tips untuk Melatih Anjing yang Bandel dan Susah Diatur

0 Response to "Tips Menjinakkan Anjing Galak"