Latest News

Pentingkah Memilih Makanan Anjing Yang Bergizi?

Ternyata tak hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi,  hewan peliharaan seperti halnya anjing juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan kesehatannya.  Memilih makanan anjing memang tidak boleh  sembarangan. Asupan protein, vitamin dan mineral juga wajib diperhatikan, terlebih lagi jika jenis anjing yang Anda pelihara adalah jenis anjing cerdas. Tentu asupan makanan yang dikonsumsi juga harus berimbang.  Kesimpulannya, memilih makanan anjing yang bergizi tentulah sangat penting. Berikut ini beberapa tips memilih makanan anjing yang sehat dan bergizi.

Pentingkah Memilih Makanan Anjing Yang Bergizi?


Dog Food Kemasan
Memilih dog food kemasan sejatinya bukanlah hal yang salah. Bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk membuatkan  makan anjing- anjing nya secara manual.  Membeli makanan anjing kemasan memang merupakan cara yang efisien. Meski demikian Anda perlu memperhatikan kandungan yang tertera di kemasan. Apakah zat- zat gizi nya sesuai dengan kebutuhan anjing Anda. Jika anjing Anda merupakan jenis anjing produktif dan hiperaktif (suka bermain, berlari- lari dan bukan tipikal pendiam), cukupi nutrisi proteinnya paling tidak 22% dari total makanan satu kemasan.

Selain itu kandungan lemak nya juga harus diperhatikan. Pilih makanan dengan kandungan fat  dalam kisaran 13 hinga 18 %.  Sementara untuk vitamin, mineran dan magnesium dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit untuk kebanyakan jenis anjing.  Selain itu, pastikan makanan anjing yang Anda beli memiliki reputasi yang baik dan diproduksi oleh brand yang ternama.  Pastikan untuk memprioritaskan kualitas di atas uang sebab kualitas makanan anjing yang dikonsumsi juga akan berdampak pada keaktifan, kesehatan dan kecerdasan anjing Anda sendiri.

Makanan Anjing Buatan Sendiri
Selain makanan kemasan, makanan anjing buatan sendiri juga sangat direkomendasikan. Dengan membuat meramu bahan-bahan pembuatan makanan anjing, Anda akan bisa mengira- ngira kandungan nutrisi yang anjing butuhkan. Selain itu, dilihat dari segi kesehatan, makanan anjing buatan sendiri terbilang lebih aman, sehat dan ekonomis. Andalah yang meramu dan Andalah yang memastikan jika bahan-bahan yang digunakan aman dan bebas bahan pengawet dan bahan kimia.

Terdapat berbagai macam makanan anjing yang dapat Anda buat di rumah mulai dari turam, telur burung unta, sayuran dan daging segar.  Meski kebanyakan anjing adalah karnivora namun alangkah baiknya jika Anda mencampur sayuran-sayuran tertentu ke dalam adonan daging sehingga anjing Anda tidak akan merasakan rasa sayuran yang ada dalam makanan anjing tersebut.  Komposisi yang tepat dalam pembuatan makanan untuk anjing yakni 40% daging, 30% zat tepung dan 30% sayuran.

Selain itu, Anda juga perlu mencermati, hari-hari setelah anjing Anda mengkonsumsi makanan yang Anda buat, jika kotoran anjing berlendir maka takaran bahan-bahannya mungkin salah atau tidak cocok. Segera konsultasi ke dokter jika anjing Anda mengalami diare atau buang air besar disertai air yang cukup banyak. Semoga tips memilih makanan anjing di atas dapat membantu Anda!

0 Response to "Pentingkah Memilih Makanan Anjing Yang Bergizi?"