Latest News

Memahami Tanda-Tanda Anjing Sakit

Jika Anda memiliki seekor anjing di rumah Anda, utamakan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan anjing sebab anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang rentan terhadap segala jenis penyakit. Seperti halnya manusia, anjing juga dapat tertular berbagai macam virus yang menyebabkan anjing sakit. Bahkan beberapa jenis penyakit yang menyerang anjing juga dapat ditularkan secara langsung kepada manusia melalui perantara udara, kontak langsung, air liur maupun sentuhan. Nah Anda sebagai pemilik anjing harus selalu waspada terhadap gejala-gejala anjing sakit. Jika Anda menemukan gejala-gejala berikut, segeralah membawa anjing Anda ke dokter hewan dan pastikan jika Anda menjaga jarak dari nya.

Memahami Tanda-Tanda Anjing Sakit


Tanda-Tanda Anjing Sakit Secara Fisik
Anjing yang sedang sakit sejatinya dapat dikenali dari tanda-tanda fisiknya seperti  mata bengkak, pada bagian kornea akan berwarna kemerah-merahan, tanda-tanda kotoran pada telinga dan lain sebagainya. Anjing yang sedang sakit umumnya memiliki air liur dengan bau yang tidak sedap. Suhu tubuhnya dapat meningkta drastis saat demam mencapai 41-42 derajat cecius. Sedangkan kita tahu bahwa suhu anjing sehat normalnya hanya berkisar antara 38-39 derajat Celcius saja.

Selain itu, tanda-tanda anjing sakit juga bisa dilihat dari kondisi hidungnya. Anjing sakit biasanya mengeluarkan cairan berlebih dengan jumlah yang banyak dan secara terus menerus. Cairan lendirnya biasanya akan berwarna hijau kekuningan maupun bening. Pernafasan anjing yang sakit umumnya juga tidak terlampau stabil. Anjing yang bernafas sangat cepat atau tersengal-sengal (tidak teratur) biasanya sedang menunjukkan gejala sakit pada bagian dalam.

Tanda-tanda Anjing Sakit Dilihat Dari Tingkah Laku
Tanda-tanda anjing yang sakit juga bisa dilihat dari perilakunya. Anjing yang tidak aktif dalam bermain biasanya menunjukkan gejala sakit. Cermati perilaku anjing Anda, jika seharian anjing Anda terus berada di dalam kandangnya hanya tertidur dengan mata sayu, Anda harus mewaspadainya. Bisa jadi jika ini merupakan tanda-tanda awal penyakit mulai menyerang anjing Anda. Selain itu, anjing sakit juga memiliki nafsu makan yang minim. Berbeda dari biasanya, kebanyakan anjing tak akan menolak jika diberikan dog food, namun jika anjing Anda sama sekali tidak mau menyantapnya, kemungkinan besar anjing Anda terserang penyakit. Segerelah membawanya ke dokter dan jauhkan jangkuan anjing Anda terhadap keluarga maupun orang-orang sekitar agar penyakit nya tidak menyebar dan menular.

Penggunaan Vaksin Untuk Anjing Sehat
Selain memperhatikan faktor kebersihan tubuh anjing, kandang, tempat makan, makanan dan gizinya, Anda juga wajib memperhatikan kesehatan dan kekebalan tubuh Anjing Anda, salah satunya adalah dengan cara pemberian vaksin. Pemberian vaksin sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh nya terhadap segala macam bakteri dan virus yang menyerang dari luar. Nah, semoga informasi tanda-tanda anjing sakit di atas dapat bermanfaat bagui Anda.

0 Response to "Memahami Tanda-Tanda Anjing Sakit"